Dampak Positif Pergaulan Bebas
Senin, 27 Februari 2012.
05 Aug 2011 - positif yang signifikan faktor lingkungan keluarga
terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMAN 1
Kalianget, (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan faktor
lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS
di SMAN 1 Kalianget, (3) Terdapat pengaruh positif yang
signifikan faktor lingkungan mayarakat terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Kalianget. Faktor lingkungan keluarga,
lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat (faktor ... pergaulan
anak khususnya teman bergaul. Teman bergaul seharusnya bisa diajak
belajar bersama dan memberikan bantuan atau solusi ketika siswa
mengalami kesulitan belajar. (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya
menggunakan penelitian sampel dengan wilayah populasi yang lebih luas
dan mengembangkan permasalahan yang terkait dengan prestasi belajar
siswa. Dengan demikian hasil yang diharapkan dapat mengungkap lebih
banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih
berarti dan b ... bebas (faktor eksternal) sebesar 58,3 %
sedangkan sisanya 41,7 % disebabkan oleh variabel lain. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa lingkungan keluarga merupakan variabel yang
paling efektif dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa dalam mata
pelajaran ekonomi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang simultan dan parsial yang positif signifikan faktor
eksternal terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi
kelas XI IPS di SMAN 1 ... ABSTRAK Agustin, Sri. 2008. Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kalianget. Skripsi, Jurusan Ekonomi Pembangunan Program studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Umi Mintarti W, S.E. M.P. Ak. (2) Dr. Hadi Sumarsono, ST, M.si. Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Melalui pendidikan diharapkan siswa memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sangat diperlukan untuk memecahkan persoalan yang dihadapi. Pendidikan memiliki peran penting dalam mencerdaskan bangsa. Proses belajar tidak selalu berhasil, hasil yang dicapai antara siswa yang satu dengan yang lain memiliki perbedaan. berhasil tidaknya proses belajar mengajar tergantung dari faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar banyak jenisnya tapi digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Guru ekonomi harus mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi siswa dalam pelajaran ekonomi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah faktor eksternal. Faktor internal sangat mempengaruhi belajar siswa namun faktor internal dipengaruhi oleh faktor eksternal. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang kondisi dan pengaruh faktor eksternal (lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat) secara parsial maupun simultan terhadap prestasi ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar